Ergonomi, Ilmu yang Mulia, Ilmu yang Memanusiakan Manusia

April 28, 2011 1 Comments

Ergonomi, Ilmu yang Mulia, Ilmu yang Memanusiakan Manusia

|
Ergonomi secara singkat adalah Ilmu tentang bagaimana merancang agar seseorang bisa bekerja dengan baik. Merancang kondisi lingkungan kerja yang disesuaikan dengan keterbatasan manusia. Ergonomi mengedepankan bagaimana agar suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif, aman, nyaman, sehat. Karena orientasi utamanya adalah manusia maka Ergonomi biasa juga disebut “Human Enginering”.
Secara detil ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan dan elemen-elemen lain dalam suatu sistem dan pekerjaan yang mengaplikasikan teori, prinsip, data dan metode untuk merancang suatu sistem yang optimal, dilihat dari sisi manusia dan kinerjanya. Ergonomi memberikan sumbangan untuk rancangan dan evaluasi tugas, pekerjaan, produk, lingkungan dan sistem kerja, agar dapat digunakan secara harmonis sesuai dengan kebutuhan, kempuan dan keterbatasan manusia (international ergonomic assosiation, 2002)
Ilmu ini memang masih dipandang sebelah mata dan belum sepopuler ilmu lain seperti ekonomi, psikologi dan ilmu-ilmu lainnya. Ilmu ini memang belum bisa banyak diterapkan secara nyata. Di dunia kerja kenyataanya lebih banyak manusia dipaksa menyesuaikan dengan kondisi kerja. Manusialah yang harus beradaptasi dengan lingkungan di mana tlingkungannya tidak didesain untuk manusia, seakan-akan manusia dipaksa menjadi robot untuk bekerja. Manusia memang punya kemampuan adaptasi yang baik untuk menyesuaikan dengan lingkungan termasuk lingkungan kerja namun manusia tetap sebuah makhluk hidup yang mempunyai banyak sekali keterbatasan. Seharusnya bukan fitting the man to the job tapi yang benar adalah fitting the job to the man. Kebanyakan industri masih sangat profit oriented, padahal kalau ergonomi ini bisa diterapkan dengan tepat dan baik justru bisa mengoptimalkan produktivitas sistem dan hasilnya bisa menaikan profit.
Karena itulah sebenarnya ergonomi merupakan ilmu yang sangat mulia karena memanusiakan manusia.

from ergofit.blogspot.com (dulu ergonomimakmur.co.cc

1 comment:

  1. tulisan ini dari ergofit.blogspot.com (dulu ergonomimakmur.co.cc) kan? kalo bisa disebutin sumber dan linknya ya :D , salam ergonomi, salam teknik industri

    ReplyDelete