Buku-Buku Ergonomi

April 29, 2011 1 Comments

Buku Ergonomi Berbahasa Indonesia

|
Ada banyak buku literatur ergonomi dalam Bahasa Inggris tapi untuk buku dalam Bahasa Indonesia masih cukup jarang ditemui. Tiga buku ergonomi dalam Bahasa Indonesia yang cukup dikenal adalah:
  • Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya oleh Eko Nurmianto
  • Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu oleh Sritomo Wignjosoebroto
  • Ergonomi, Manusia, Peralatan dan Lingkungan oleh Dr. Gempur Santoso, Drs., M.Kes.
Mengapa literatur dalam Bahasa Indonesia itu penting? Jawabannya adalah karena orang Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama termasuk dalam pendidikan. Memang penguasaan Bahasa Inggris itu penting dan kemampuan Bahasa Inggris orang Indonesia bisa dibilang lebih baik dari negara-negara seperti Jepang, Korea, dan Republik Rakyat Cina, tapi perlu diakui bahwa kemampuan Bahasa Inggris orang Indonesia masih jauh jika dibandingkan orang Filipina, Singapura, India, bahkan Malaysia karena mereka secara kultural historis mempunyai kedekatan dengan negara-negara pemakai Bahasa Inggris asli seperti Britania Raya dan Amerika Serikat. Jadi masyarakat terutama mahasiswa jangan dipaksakan terus menerus memakai literatur Bahasa Inggris 100% jika ilmu yang diserap dari literatur tersebut tidak optimal. Literatur dalam Bahasa Indonesia itu sangatlah penting untuk mendampingi literatur-literatur dalam Bahasa Inggris karena lebih mudah dan lebih cepat dipahami dan diharapkan penerapan dan perkembangan dari ilmu pada literatur tersebut dapat lebih cepat dan optimal. Hal tersebut juga berlaku untuk ilmu ergonomi.

Oleh karena itu para ergonom-ergonom Indonesia marilah menulis buku ergonomi termasuk dalam Bahasa Indonesia agar ergonomi semakin cepat dikenal dan semakin berkembang di Indonesia dan juga untuk nenunjukan semangat nasionalisme Indonesia.


from ergofit.blogspot.com (dulu ergonomimakmur.co.cc

1 comment:

  1. tulisan ini dari ergofit.blogspot.com (dulu ergonomimakmur.co.cc) kan? kalo bisa disebutin sumber dan linknya ya :D , salam ergonomi, salam teknik industri

    ReplyDelete